Saling Mengunjungi

1 Syawal 1442 H | Saling Mengunjungi

/

Saling mengunjungi kepada keluarga dan kerabat sudah menjadi kekhasan pada saat hari raya Id Fitri. Turun-temurun para pendahulu kita melakukannya, karena sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda,

“Cinta-Ku berhak didapatkan oleh orang yang saling mencintai karena-Ku, orang yang saling duduk karena-Ku, orang yang saling mengunjungi karena-Ku, dan orang yang saling membantu karena-Ku.” (HR. Ahmad)

Menggapai cinta Allah SWT dengan amal yang sederhana ini adalah perkara yang sangat menakjubkan. Rasulullah SAW pernah bercerita tentang seseorang yang mengunjungi temannya hingga orang tersebut mendapatkan cinta dari Allah, dalam sebuah riwayat dari Abu Hurairah RA:

“Suatu hari, ada seorang laki-laki yang pergi mengunjungi saudaranya di kampung lain. Allah mengutus seorang malaikat kepadanya. Ketika malaikat tersebut bertemu dengan orang itu, ia pun bertanya kepadanya, ‘Ke manakah engkau hendak pergi?’ Laki-laki itu menjawab, ‘Aku ingin mengunjungi saudaraku di kampung ini.’ Malaikat lalu bertanya lagi, ‘Apakah ada keuntungan yang sedang engkau kejar darinya?’ Ia berkata, ‘Tidak. Aku mengunjunginya karena mencintai ia karena Allah.’ Malaikat itu berkata, ‘Sungguh aku adalah utusan Allah kepadamu untuk memberitahukan kepadamu bahwa Allah juga mencintaimu karena engkau mencintai saudaramu karena-Nya.'” (HR. Muslim)

Menjadikan sunnah saling mengunjungi ini selain mengkhususkannya pada hari id saja tentu akan semakin baik untuk kita. Karena setiap harinya, kita teramat membutuhkan cinta dari-Nya. [] #aemtemite

Image credit: Mohd Safwan Abd Rahman

Ada yang ingin disampaikan?